Peluang Kerja Jurusan Statistika

Jika Anda sedang kuliah atau mau kuliah di jurusan Statistika, pernahkah Anda bertanya, nanti kalau sudah lulus kerjanya dimana? Melalui tulisan ini saya ingin berbagi informasi yang mungkin bisa menjawab pertanyaan Anda tadi. Silahkan dibaca ya ūüôā

Banyak profesi yang mengandalkan pengukuran numerik untuk membuat keputusan dalam menghadapi ketidakpastian. Dalam kondisi ini, Ahli Statistik (Statisticians) dibutuhkan dalam beberapa bidang antara lain:

  1. Bisnis , meliputi: FinanceManufacturingEngineeringMarketing Research, dan Statistical Computing.
  2. Kesehatan dan Medis , meliputi: Genetika, Public Health, Epidemiologi, dan Farmakologi.
  3. Riset , meliputi: Metode Survei, Riset Pemerintahan, dan Riset Sosial.
  4. Sumber Daya Alam , meliputi: Agrobisnis dan Perikanan.
  5. Physical Sciences , meliputi: Geofisika dan Geologi.

……….Ahli Statistik menggunakan kemampuan kuantitatif (Quantitative Abilities), pengetahuan/wawasan statistik (Statistical Knowledge), dan kemampuan berkomunikasi (Communication Skills), serta kemampuan membangun kepercayaan (Trust Buildingdalam pekerjaan dan banyak permasalahan, seperti:

  1. Mengestimasi keamanan dan mempelajari kondisi ekonomis dari the nuclear power plants dan sumber energi alternatif (di utility company, laboratorium riset, the Nuclear Regulatory Commission, atau Departemen Energi).
  2. Mengevaluasi dampak lingkungan akibat polusi udara, air, dan tanah (di laboratorium riset, perusahaan commercial environmental clean-up, atau the Environmental Protection Agency).
  3. Mendesain dan menganalisis studi untuk menentukan apakah obat baru dan peralatan medis aman dan efektif (di perusahaan farmasi, medical research center, atau the Food and Drug Administration).
  4. Mengestimasi tingkat pengangguran di United States (di the Bureau of Labor Statistics).
  5. Menganalisis pendapatan konsumen untuk produk dan service ( di perusahaan marketing konsumen, perusahaan negara, atau perusahaan consulting).
  6. Mendesain studi dan menganalisis data eksperimen pertanian untuk meningkatkan produktifitas dan area (di universitas pertanian atau perusahaan negara agrobisnis).
  7. Menolong ilmuwan dan ilmuwan masa depan dalam mengumpulkan dan menganalisis data untuk membuat informasi dan pengembangan metodologi statistik yang baru (di universitas statistik, matematika, biostatistik, bisnis, ekologi, atau departemen psikologi).

Karakteristik Pekerjaan yang dimiliki seorang ahli statistik adalah.

  1. Menggunakan data untuk menyelesaikan masalah di area yang luas dan bervariasi.
  2. Menerapkan pengetahuan matematika dan statistika untuk permasalahan sosial, ekonomi, medis, politik, dan ekologi.
  3. Bekerja secara individu dan/atau peran kelompok dari berbagai cabang ilmu pengetahuan.
  4. Memberikan konsultasi kepada professional lain , atau menghadiri konferensi, seminar, dan aktivitas edukasi berkelanjutan.
  5. Memajukan keterbatasan statistika, matematika, dan probabilitas melalui pendidikan dan riset.
  • Salah satu keuntungan bekerja dengan statistik adalah mampu mengkombinasikan keahliannya dengan setiap bidang science, teknologi, atau bisnis seperti: Pertanian, Astronomi, Biologi, Kimia, Computer Science, Demografi, Ekonomi, Ekologi, Pendidikan, Engineering, Epidemiologi, Finance, Kehutanan, Genetika, Health Science, Asuransi, Hukum, ManufacturingMarketing, Farmakologi, Medis, Fisika, Political Science, Psikologi, Kesehatan Masyarakat, Keamanan, Sosiologi, Olahraga, Telekomunikasi, atau Zoology.
  • Pekerjaan yang dilakukan seorang Ahli Statistik adalah Analis Bisnis, Professor, Ahli Ekonomi, Software Engineer, Ahli Matematika, Analis Resiko, Analis Kualitas, Investigator, Ilmuwan Lingkungan, Pharmaceutical Engineer, Peneliti, Analis Data, Project Manager, atau Manager.

BISNIS DAN INDUSTRI

Manufacturing 
Ahli Statistik Industri menolong dalam membangun produk dan deliver services. Hal ini memuaskan bagi customers dan menambah penguasaan pasar dan laba perusahaan. Ahli Statistik menolong dalam mendesain produk terbaik, menuntun sebuah transisi dari mendesain sampai manufacturing, menjamin produk yang sempurna secara konsisten, menolong dalam men-manage kepuasan customer, dan menjamin bottom line bermanfaat secara financial. Profesional Industri menggunakan metode statistik untuk kontrol kualitas dan jaminan kualitas di dalam hampir semua barang-barang pabrik.

Marketing
Statistika digunakan untuk mengukur tingkat variasi dalam kebutuhan dan keinginan customer. Ahli Statistik mendesain eksperimen untuk produk baru , menfokuskan tingkah laku kelompok dan survei sampel untuk memantapkan consumer feedback , dan menyelenggarakan eksperimen area dalam menguji pasar untuk menentukan produk yang berkesinambungan dan layak dipasarkan. Statistika dan data mining juga digunakan untuk menganalisis data sales dan memprediksi future trends.

Engineering
Engineers bekerja dalam industri electronics, chemicals, aerospace, kontrol polusi, kontruksi, dan industri-industri lain. Mereka menjadi bertanggung jawab untuk memimpin proyek besar dengan biaya yang signifikan, kerumitan yang teknis, dan penuh tanggung jawab. Metode Statistik memperkenankan engineers membuat produk yang konsisten, mendeteksi masalah, meminimumkan sampah kimia, dan memprediksi hidup produk.

Statistical Computing
Kemantapan dan keakuratan software statistik merupakan alat terpenting untuk Ahli Statistik dalam setiap bidang. Dengan mengembangkan kode komplek yang userfriendly dan cukup merupakan tugas yang menantang, seperti memanfaatkan kemajuan yang terjadi secara langsung dalam hardware platforms, grafik, dan algoritma. Peluang dalam bidang ini meliputi desain dan pengembangan software, pengujian software, jaminan kualitas, technical support, pendidikan, dokumentasi, marketing, dan sales.

KESEHATAN DAN MEDIS

Kesehatan Masyarakat
Ahli Statistik Kesehatan Masyarakat bekerja dalam mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan mempromosikan kesehatan melalui upaya komunitas terorganisir. Hal ini termasuk penjagaan kesehatan (sanitasi), kontrol infeksi menular, pendidikan kesehatan, diagnosis awal, perlakuan pencegahan, dan standar hidup yang memadai. Hal ini membutuhkan pemahaman epidemiologi, ilmu gizi, praktek antiseptik, dan social science. Di United States, kesehatan masyarakat dipelajari dan dikoordinasi dalam tingkat nasional oleh the Centers for Disease Control and Prevention; Secara international, the World Health Organization memainkan peranan yang sama.

Epidemiologi 
Ahli Statistik Epidemiologi bekerja dalam proyek seperti menghitung angka penderita kanker atau angka kronis & infeksi , monitoring dan melaporkan perjangkitan penyakit , dan monitoring perubahan kelakuan yang berhubungan dengan kesehatan seperti aktivitas merokok dan pemeriksaan badan. Bidang praktek meliputi epidemiologi pada nutrisi, lingkungan, genetika, dan sosial, yang sama baiknya dengan pharmacoepidemiology.

Farmakologi
Ahli Statistik di farmakologi bekerja dalam pharmaceuticals, kesehatan binatang, dan riset pemerintah. Mereka adalah kunci untuk semua aspek penemuan obat, perkembangan, izin, dan marketing. Mereka bekerja di riset pre-clinical, clinical trials, epidemiologi, health economics, dan riset pasar. Ahli Statistik dibutuhkan dalam proses pengembangan obat karena mereka menjamin kevalidan dan keakuratan penemuan pada semua tahapan proses.

Genetika
Statistika telah digunakan dalam genetika manusia untuk membuat metode otomatis pelabelan indikator yang mungkin untuk ketidaknormalan genetik, seperti cacat lahir dan penuaan lebih awal. Statistika juga sudah dilakukan di dalam genetika hewan dan tumbuhan untuk mengetahui jenis karakteristik yang diinginkan dalam keturunan. Dengan menggunakan model statistk yang kompleks, Ahli Statistik membantu dalam merumuskan keputusan suara dengan membedakan antara lingkungan dan efek genetik.

LEARNING

Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu industri negeri terbesar dan tugas Ahli Statistik Pendidikan dapat memiliki penanganan yang bermacam-macam. Mereka membantu dalam menaksirkan keefektifan pengajar, menganalisis suatu database besar untuk mengerti masalah-masalah khusus, atau mengembangkan model statistik yang lebih baik untuk menggambarkan kualitas belajar yang dicapai oleh satu murid atau semua murid di sekolah daerah, negara bagian, atau nasional.

Science Writing and Journalism 
Science writers dipekerjakan oleh media massa, universitas, dan perusahaan negara untuk menghasilkan berita singkat, artikel, surat kabar, dan laporan lain. Penulis dengan scientific backgrounds merupakan permintaan yang utama karena kemampuannya untuk menjelaskan data statistik atau scientific yang komplikatif untuk kemudahan pemahaman artikel bagi nonstatisticians dan masyarakat umum.

RISET

Pemerintah
Metode statistik digunakan di dalam peraturan pemerintah pada topik seperti aturan stock trading, standar kemurnian udara, dan perizinan obat baru. Statistika disebutkan dalam court proceedings, congressional hearings, dan lobbying arguments. Politik melibatkan statistika dalam bentuk survei angka perizinan, pendaftaran pemilih, kampanye, dan prediksi pemilihan (quick count). Ahli Statistik mengambil bagian di dalam agen-agen pemerintah seperti the Food and Drug Administration, the Census Bureau, the Bureau of Labor Statistics, the Office of Management and Budget, the Bureau of Transportation Statistics, the National Institutes of Health, dan the Department of Agriculture. Agen pemerintah pusat memberikan data yang digunakan dalam membuat kebijakan pemerintah pusat, negara bagian, dan pemerintahan lokal.

Metode Survei
Ahli Statistik bekerja dalam survei-survei di pemerintahan, social sciences, pendidikan, hukum, kehutanan, pertanian, biologi, medis, bisnis, dan e-commerce. Ahli Statistik Survei mempelajari desain survei yang efisien, metode eksperimen untuk menambah angka respon, mengakuntasi nonresponse dan undercoverage, atau bagaimana melepas data untuk publik dengan tetap memelihara kepercayaan responden. Permasalahan penting yang lain meliputi menguraikan dan mendesain pertanyaan serta memutuskan dimana dan bagaimana mengambil sampel yang akan dimasukkan ke dalam kelompok yang tidak terwakili secara tradisi.

SOCIAL SCIENCES

Consulting
Konsultan statistik independen bekerja dalam banyak proyek yang sama seperti Ahli Statistik, tapi mereka biasanya disewa atas dasar tempo untuk menyelesaikan masalah tertentu yang membutuhkan keahlian statistik yang tidak tersedia didalam perusahaan yang menyewanya. Karena bidang statistika cukup luas, banyak konsultan statistik berspesialisasi dalam beberapa area, seperti pengembangan kualitas atau pharmaceuticals. Konsultan disewa dengan dana uang untuk bekerja pada proyek yang pendek di medis, pertanian, engineering, atau bisnis.

Hukum
Statistika semakin menjadi penting seperti permasalahan kompleks yang terus bertambah pada court cases address. Ahli Statistik menganalisis data yang dapat membantu juri atau hakim memutuskan apakah seseorang bersalah dan dijatuhi hukuman sesuai kejahatannya atau harus membayar denda atas kerusakan yang disebabkan. Court cases (kasus pengadilan) yang menyertakan analisis statistik meliputi tes DNA, ketidaksesuaian gaji, survei konsumen, dan disease clusters.

SUMBER DAYA ALAM

Pertanian
Ahli Statistik sudah tergabung dengan Pertanian agar dapat mempelajari angka-angka dari pertanyaan yang menantang, seperti pestisida kimia, hidrogeologi, veterinary sciences, genetika, dan manajemen panen. Ahli Statistik dilibatkan dalam studi dari eksperimen laboratorium kecil sampai proyek besar yang diselenggarakan lebih dari ratusan atau ribuan square miles. Mereka bekerja dengan data skala terkecil dari organisme (seperti virus dan bakteri) untuk tumbuh-tumbuhan, serangga, binatang, dan manusia. Mereka bekerja dengan ilmuwan dari bidang seperti bakteriologi, genetika, biochemistry, dairy science, studi lingkungan, entomologi, plant sciences, sosiologi pedesaan, veterinary medicine, margasatwa, dan ekologi.

Ekologi
Ahli Statistik memainkan peran umum dalam menujukan pertanyaan tentang lingkungan alam di bumi, seperti populasi binatang, proteksi pertanian, dan keamanan pupuk & pestisida. Banyak Negara bagian mempekerjakan Ahli Statistik di Margastwa. Ahli Statistik dipekerjakan Negara bagian dan agen lingkungan pemerintah pusat sama baiknya dengan perusahaan yang mengumpulkan data lingkungan. Sebagai tambahan, perusahaan membutuhkan Ahli Statistik untuk membantu dalam menaksirkan bagaimana produk baru atau tumbuh-tumbuhan akan mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Scientific researchers juga bekerja dengan Ahli Statistik (sering di universitas) untuk mendesain eksperimen yang akan menjawab pertanyaan dasar tentang lingkungan.

SUMBER
– Careers in Statistics BrochureFINAL.indd
– CAREERS BROCHURE III for pdf

Yuk Share Sekarang !

Add a Comment